Ahh, untung jadi member Alfamart. Alfamart: jaringan retail terkemuka dan terbesar di Indonesia.


Ahh, untung jadi member Alfamart.”

Sedikit cerita, dulu saat-saat saya sekolah di bangku SMP dan SMK, saya sangat suka pergi ke supermarket di kota saya: Purworejo. Dengan alasan selain harga yang selalu lebih murah dari harga di warung-warung pengecer dekat rumah, juga karena di supermarket lebih banyak pilihan brand yang jarang ditemui di warung-warung tradisional. Sekarang setelah 3 tahun saya meninggalkan bangku SMK, kebiasaan saya berubah total. Dulu untuk menuju supermarket yang dimaksud saya harus menempuh perjalanan kurang lebih 5 kilometer dari rumah saya, dan sedikit lebih jauh untuk menuju supermarket yang lebih besar. Sekarang semua itu sudah tidak perlu, cukup keluar rumah tanpa malu-malu memakai sandal teplek ala kadarnya dan tanpa peduli meski hanya memakai kaos oblong longgar ala santai di rumah, berjalan beberapa meter dari pintu dan, violaa, sampailah saya di tempat berbelanja saya : Alfamart. Harga hemat, pilihan banyak dan dekat dengan rumah. ;)

Tahukah teman-teman kalau kini Alfamart sangat mudah ditemui bahkan hingga ke desa-desa? Karena jaringanya yang sangat luas saya pikir jika saya tiba-tiba harus mengunjungi kerabat saya di lain daerah saya juga akan dengan mudah menemukan toko Alfamart disana. Sering mengunjungi Alfamart untuk berbelanja membuat saya merasa nyaman dengan layanan Alfamart yang bagus, namun ada satu hal yang agak menggelitik saya dan membuat saya penasaran. Itu adalah saat kita melakukan transaksi di meja kasir Alfamart, maka kasir akan selalu menanyakan kartu meber.

Ada kartu membernya, Pak?”

Penasaran, akhirnya tahun 2010 saya benar bergabung menjadi member Alfamart. Yang pertama saya tanyakan adalah manfaat dari keanggotaan itu sendiri. Meski pada awalnya saya kurang paham dengan manfaat yang bisa saya dapat dengan bergabung menjadi member Alfamart, saya akhirnya tetap bergabung setelah staff toko Alfamart menjelaskan beberapa keuntungan menjadi member Alfamart. Mungkin memang bingung jika hanya dijelaskan oleh staff toko, tapi jika sudah menjadi member dan merasakan langsung belanja di Alfamart dengan katu member baru terasa untungnya.

Saya bergabung menjadi Member Alfamart dan saya diberi souvenir oleh Alfamart, saya diberi pilihan mangkok dan mug. Saya memilih mug karena ada gambar Albi: maskot Alfamart. Benar saja, setelah saya menjadi member dan mendapat KartuAku sebagai kartu member, ada banyak sekali kentungan yang didapat jika saya belanja di Alfamart dan menunjukan KartuAku saat transaksi, ini dia beberapa diantaranya saya tulis di bawah ini.

Lha wong kalau saya ke mana-mana pasti selalu ada Alfamart, toh... Rugi dong kalau nggak ikut member... “ - Blog's author

KartuAku : Kartu Member Alfamart
Pertama, HematKu. Ini adalah program diskon khusus yang diberikan oleh Alfamart hanya untuk member. Dari banyak sekali barang-barang yang memang diberikan potongan harga oleh Alfamart setiap bulannya, ada beberapa barang yang juga termasuk barang HematKu. Biasanya kalau di toko sering diberi label tersendiri, yang dipasang di depan produk di setiap rak pajang. Saya suka sekali dengan program ini karena jika saya berbelanja di Alfamart, selain saya mendapat potongan harga dari program bulanan, dengan menunjukkan KartuAku saat transaksi di meja kasir, saya juga akan mendapat potongan harga lagi untuk pembelian barang-barang yang termasuk barang HematKu. Jadi sudah dapat potongan harga bulanan dari Alfamart, masih mendapat potongan harga lagi dari Program HematKu yang khusus hanya untuk Member Alfamart. Double untung, jadi member Alfamart memang special. ;)

Kedua, program hadiah undian. Setiap bulan pasti Alfamart mengadakan program undian berhadiah yang diselenggarakan bekerjasama dengan produk sponsor. Nah, dari semua program itu hampir semuanya mensyaratkan harus menjadi Member Alfamart untuk bisa mengikuti program tersebut. Jadi yang bukan member tidak bisa ikut program. Asyik sekali ya, hanya dengan berbelanja produk tertentu dengan nominal tertentu bisa mengikuti program undian berhadiah. Biasanya nomor token undian akan tertera di struk belanja di bawah nama dan nomor member kita. Siapa tahu badan sedang mujur, belanja dapat hadiah. Untung lagi. ;)

Nah yang satu ini yang paling saya suka, namanya Program Poin Redemption. Ini adalah program penukaran poin dengan hadiah yang sudah disediakan oleh Alfamart, ini bukan program undian karena hadiahnya pasti. Program ini berlangsung secara kontinyu, lho. Jadi ternyata setiap kali kita berbelanja di Alfamart dengan menujukan KartuAku setiap kali transaksi dengan nominal tertentu, kita akan mendapatkan poin yang secara otomastis akan terakumulasi selama program pengumpulan poin. Nah, diakhir program, akan ada program penukaran poin. Poin yang kita kumpulkan selama periode pengumpulan bisa ditukarkan dengan hadiah yang nilainya sesuai dengan banyaknya poin yang kita dapat, semakin banyak poin hadiahnya semakin menarik.

Asyik kan, belanja bulanan ataupun harian di Alfamart, sudah ada diskon khusus member, tahu-tahu dapat poin yang bisa ditukar lagi dengan hadiah. Jadi member Alfamart memang menguntungkan. :D

Hemm.. Satu lagi nih yang membuat saya suka banget berbelanja di Alfamart, yaitu salah satu visi Alfamart untuk memberdayakan usaha kecil dan menengah. Terbukti dengan disediakannya tempat sewa untuk usaha kecil di teras dan halaman toko Alfamart. Jadi Alfamart juga mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. :D

Sebenarnya masih ada banyak lagi keuntungan menjadi member Alfamart, tapi baru itu yang saya alami. Semoga bermanfaat.

Comments

Post a Comment

Popular Posts