Resolusi Akhir Tahun, Selamat Datang 2013

Credit to Facebook.com
Adalah yang sangat wajar kita sebagai manusia selalu ingin mengembangkan diri kita dari waktu ke waktu. Momen pergantian tahun juga menjadi momen yang istimewa bagi sebagian orang sehubungan dengan pengembangan diri. Momen ini acap kali dimanfaatkan sebagian orang sebagai momen titik balik, istilahnya ‘menutup lembaran hidup lama, dan membuka yang baru’. Meski tidak menjadi hal wajib, namun banyak diantara kita juga memanfaatkan momen ini untuk introspeksi diri sekaligus merencanakan langkah ke depan, atau sering kita sebut dengan RESOLUSI AKHIR TAHUN.

Percaya atau tidak, momen pergantian tahun mempunyai emosi tersendiri bagi sebagian orang. Momen menghitung detik-detik terakhir dan menyalakan kembang api dan meniup terompet memberikan sensasi yang tidak bisa di dapat di hari-hari yang lain. Dalam hati, saat waktu menunjukkan 23:59, dan sorak sorai mulai pecah, lirih dalam hati kita mengucapkan “Selamat datang tahun yang baru”. Bahkan sebagian dari kita ada yang menitikkan air mata, bukan?

Ada sebuah tradisi khusus yang sering di lakukan beberapa orang di awal tahun seperti ini, yaitu menuliskan resolusi. Mereka menuliskan apa-apa saja yang akan dilakukan di tahun yang baru, ada yang memperbaiki kesalahan-kesalahan di tahun yang lama, ada pula yang menuliskan hal-hal yang ingin di capai di tahun yang baru.

Seiring dengan berjalannya waktu, RESOLUSI AKHIR TAHUN sering kali menguap semangatnya. Ketika bulan beranjak dari Januari menuju Februari dan seterusnya, apa yang telah kita tetapkan di awal tahun justru terlupakan. Wajar memang, tapi bukankah itu sangat disayangkan? Nah, kali ini saya akan berbagi tip agar kita selalu teringat dengan resolusi yang sudah kita tetapkan.

1. Tuliskan.
Apapun itu akan menjadi sangat mudah terlupakan ketika hanya ada dalam angan-angan. Menuliskan resolusi akan sangat membantu kita mengingatnya, selain itu juga akan menjadi evaluasi pribadi mengenai apa yang sudah dilakukan dan yang belum. Nanti, saat pergantian tahun di tahun depan kita tinggal membuka lagi catatan kita dan melihat, berapa target yang sudah kita capai.

2. Biarkan mata kita melihat.
Tips jitu yang perlu dicoba adalah biarkan target-target kita itu selalu terlihat mata oleh kita. Tidak harus dengan catatan dan huruf-huruf yang dibawa kemana-mana, kita bisa menggunakan gambar, simbol, quote dan sebagainya. Contohnya, jika kita ingin kuliah di suatu universitas di tahun ini, bisa menempel logo universitas tersebut di wallpaper handphone kita, atau laptop kita, atau bahkan menyimpannya di dompet. Pokoknya tempat tau hal yang sering kita lihat, kita pegang dan kita gunakan. Dengan demikian kita akan terus tersugetsi untuk terus mengejar impian-impian kita.

3. Tinggalkan yang tidak perlu.
Menghabiskan banyak energi untuk hal-hal yang tidak perlu adalah sebuah kerugian besar. Waktu kita habis namun kita tidak mendapat manfaat apa-apa. Cobalah untuk menghapus beberapa hal yang sebenarnya tidak perlu, contohnya berlama-lama dengan facebook, BBM, nonton video di YouTube, atau nonton TV. Memang tidak berarti contoh di atas tidak bermanfaat, namun ada hal yang lebih prioritas, bukan?

Sekian semoga bermanfaat :) Dan semoga di tahun yang baru ini kita semua akan lebih bijaksana dalam menjalankan kehidupan yang semakin kompleks ini. Cheers ;)

Comments

Popular Posts